Sekolah Menulis Online

Sekolah-Menulis Online

Cara Dahsyat menjadi Penulis Hebat

Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat

Rabu, 06 Oktober 2010

[Transkrip] Standar Minimal

Segala sesuatu di dunia ini memiliki standar, standar minimal yang harus dimiliki orang yang ingin sukses antara lain:

1. Disiplin: org yg tidak displin tidak bisa berkompetisi, kualitas hidup jadi berbahaya. beban bagi orang banyak. displin mejg kesehatan, bangun pagi dan sebagainya. Disiplin adalah kualitas luar biasa dan jadi pondasi bagi standar minimal. disiplin saja tidak bisa bagaimana mungkin bisa maju.

2. Jujur: tidak jujur akan ditolak meskipun hebat. di sisi nilai moral. org tidak jujur tidak diinginkan. Bahkan orang jujur saja tidak suka dibohongi.

3. Semangat: orng sehebat apapun potensinya tidak termanfaatkan. Semangat justru perlu saat terpuruk agar bisa kembali menaiki tangga kesuksesan. Semangat adalah bahan bakar diri kita dalam menempuh perjalanan menuju kesuksesan.

4. Belajar: sepanjang hayat kemanapun kepada siapapun termasuk dari pengalaman diri. Bertambahnya usia tidak layak disertai kebodohan yang menetap. Belajar pada tahap standar minimal bisa pada sesama teman atau orang yang selevel dengan kita. Setelah itu bisa meningkat belajar pada guru-guru yang mumpuni.

Yang tidak kalah penting lagi adalah mendokumentasikan hasil pelajaran itu dengan menulis.

5. Bersosialiasi: tidak mengurung diri agar tidak minder dan kuper. Banyak ilmu baru, wawasan yang lebih luas dan kesempatan mengembangkan diri datang dari pergaulan dengan orang-orang yang baik.

Standar minimal penting dimiliki agar ada dasar yang kuat sehingga segala sesuatu bisa berjalan dgn baik dan bertahan. Namun, jika bicara kompetisi standar minimal harus ditingkatkan jadi ideal. Jika kita ingin mencapai kualitas diri yang ideal bahkan luar biasa, maka stadar minimal itu harus dipenuhi dengan baik.

Lihat kondisi kita mana dari standar minimal itu yang tidak ada pada diri kita. Tidak ada kata terlambat untuk memenuhi standar minimal selama kita masih hidup. Pemenuhan Standar minimal di atas memang tidak bisa memperbaiki kehidupan dan kualitas diri secara cepat namun harus dipenuhi jika kita ingin maju dan sukses. Namun, apabila standar minimal itu tidak terpenuhi, maka kualitas hidup kita akan terus menerus menurun. Apabila hal itu terjadi, maka kita perlu mengadakan evaluasi mendalam dan perubahan besar. Bahkan bukan tidak mungkin harus memaksa diri.

Setelah standar minimal terpenuhi, kita bisa meningkat ke standar yang lebih ideal agar tidak sekedar bertahan. Kita bisa berkompetisi lebih baik dengan fondasi yang kuat berkat standar minimal kita.

Narasumber: Supardi Lee

Related post: Standar Diri

Acara Mutiara Pagi - The Power of Life adalah hasil kerjasama Radio Trijaya 104,6 FM dengan Institut Kemandirian, suatu lembaga jejaring Dompet Dhuafa Republika yang mengajarkan ketrampilan Wirausaha dan Teknis secara gratis. Alamat Institut Kemandirian: Kompleks PT Panasonic/Yayasan Matsushita Gobel, Gedung Techno School Lt. 3, Jl. Raya Bogor, Km 29, Jakarta Timur. Telp: 021-88710408, 91261823

Untuk teman-teman yang ingin belajar menulis<> secara GRATIS, silahkan klik link-link berikut ini:


  1. Gratis 3 Bab Buku Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat



  2. Newsletter Gratis Pintar Menulis dalam 9 Minggu



  3. SMO Kelas Free Trial



  4. Info Ebook Gratis, Langsung ke Email Anda. 100% Gratis


    Semoga Bermanfaat

    M. Nahar

3 komentar:

Unknown mengatakan...

huaaaaa...beneran nich GRATIS kak. Mau pakai yg lima diatas itu ah buat blajaR...biat bisa bErkarya

Anonim mengatakan...

5 point yang sangat penting dan mendasar namun sering kita lupakan. kayaknya mulai sekarng saya harus pegang 5 ponit ini. terima kasih, gan :)

Nahar mengatakan...

to Mieny Angel :

benar semua layanan di link2 di atas gratis

silahkan, semoga bermanfaat.

to Andhies85

sama mas, saya juga masih harus belajar 5 point di atas